SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENERAPAN E-BISNIS DALAM RUMAH SAKIT (ERP, CRM DAN SCM)

penerapan e business

UTT Rurin SIM doc

BAB I

PENDAHULUAN

 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat membawa dampak signifikan pada perubahan kultur perekonomian di setiap negara menuju ekonomi digital, dimana setiap aktivitas bisnis yang dilakukan perusahaan berbasis kepada aplikasi teknologi world wide web (www) dan teknologi internet. Dan dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi tersebut membawa setiap orang untuk dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat, berkualitas dan tepat waktu.
Hal ini mengakibatkan perekonomian dan bisnis menjadi semakin kompleks dan tidak stabil. Batas-batas antar negara semakin kabur dan cenderung hilang dari segi investasi, operasi industri, informasi, serta mengarah pada internasionalisasi dan globalisasi. Globalisasi memberikan tantangan dan peluang pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi didalamnya. Untuk dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan, maka perusahaan perlu membuat suatu perencanaan bisnis.

Salah satu perencanaan yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan e-business. Arti e-business sendiri adalah kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan sistem informasi yang berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara efisien dan fleksibel , dimana kesuksesannya ditentukan oleh komitmen perusahaan, peran cross functional team, dan struktur manajemen sehingga memiliki pemahaman yang mendalam tentang perubahan teknologi yang cepat, dan mengkomunikasikan nilai e-business ke seluruh organisasi.

Perusahaan juga harus mempertimbangkan penerapan e-business agar berjalan secara efektif yaitu dengan menerapkan konsep-konsep berbasis Teknologi Informasi, seperti Enterprise resource planning, Customer relationship management, Enterprise application integration, Supply chain management, dan Enterprise collaboration. Disamping itu perusahaan harus dapat memahami dan memperoleh keyakinan bahwa informasi merupakan bagian dari faktor produksi yang penting di samping faktor 4M lainnya (materials, machines, money, dan men).

Aplikasi ERP, SCM, dan CRM pada dasarnya bekerja berdasarkan proses yang berkaitan dengan mekanisme penciptaan informasi. Untuk menjalin relasi dengan pelanggan maka diperlukan aplikasi CRM yang bertujuan untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Sedangkan ERP digunakan untuk melakukan pengelolaan terhadap sumber daya yang dimiliki agar berjalan secara efektif, efisien dan terkontrol menyeluruh dan terintegrasi (berbasis proses dan lintas fungsi). Merupakan suatu kenyataan, bahwa dalam menciptakan produk dan jasa, perusahaan tidak dapat bekerja sendiri tetapi membutuhkan kehadiran mitra bisnis yang menyediakan berbagai sumber daya yang dibutuhkan (bahan mentah, material, finansial, dsb.), maka perlu dikembangkan suatu sistem yang mengintegrasikan proses perusahaan tersebut dengan para mitra pemasoknya.

E-Business dengan komposisi 95% business dan 5% teknologi dapat menjadi pertimbangan seberapa besar potensi bisnis yang ditawarkan bukan pada kecanggihan teknologi. Dari berbagai hal tersebut diatas terlihat konsep teknologi informasi yang relevan untuk penerapan e-business di sebuah perusahaan atau industri tertentu. Jika pemakaian sebuah aplikasi, sistem informasi, software, perangkat keras, network, intranet, dan produk-produk teknologi informasi lainnya secara langsung maupun tidak langsung memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap ukuran kinerja bisnis, maka peranannya akan sangat berarti bagi perkembangan perusahaan. Demikian juga sebaliknya, jika hasil pengimplementasian teknologi informasi di bisnis justru bertentangan dengan konsep peningkatan kinerja yang di atas, maka akan menjadi bumerang bagi keberadaan perusahaan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.